UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) pada Sabtu, 5 Maret 2022. Rakernas FPPTI tahun 2022 terselenggara atas  kerja sama FPPTI Pusat dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Wilayah DIY dan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Rakernas FPPTI tahun 2022 ini diikuti oleh Pengurus FPPTI Pusat dan Ketua beserta Tim Inti FPPTI Wilayah, serta dihadiri oleh para pengawas FPPTI. Rakernas merupakan agenda tahunan FPPTI dan dilaksanakan sebagai bentuk implementasi amanat Anggaran Dasar FPPTI.

Rakernas FPPTI tahun 2022, diawali dengan penyampaian paparan kunci yang disampaikan oleh Pembantu Rektor I (Bidang Akademik dan Kemahsiswaan), ISI Yogyakarta, Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si. Dalam paparannya Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta, menyampaikan Prestasi ISI Yogyakarta dan kontribusi perpustakaan untuk mencapai prestasi dari lembaga induknya. ISI Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Seni terbaik di Indonesia, masuk dalam jajaran 100 besar perguruan tinggi Seni Terbaik di Dunia. Sebuah prestasi yang membanggakan ini, didukung pula oleh inovasi yang telah dilakukan oleh unit Perpustakaan ISI.   

Paparan kedua dalam Rakernas FPPTI tahun 2022 disampaikan oleh Ketua Pengawas FPPTI, Bapak Imam Budi Prasetiawan, S.S., M.I.Kom. Dalam paparannya beliau menyampaikan visi dan misi FPPTI dan juga berbagai program lanjutan yang telah berhasil diselesaikan oleh Pengurus Pusat FPPTI periode tahun 2020-2023. Apresiasi disampaikan oleh Ketua pengawas terhadap kinerja yang telah dicapai oleh Pengurus Pusat FPPTI. Seiring dengan paparan Ketua Pengawas FPPTI, dalam paparan Ibu Ketua Umum FPPTI, Ibu Mariyah, S.Sos., M.Hum. secara detail menyampaikan capaian kinerja FPPTI tahun 2021, serta program kerja FPPTI tahun 2022. Semua program kerja yang telah berhasil dilaksanakan tidak lepas dari kerja sama yang sangat baik serta komitmen dari para pengurus FPPTI baik di pusat maupun di wilayah. 

Pada kesempatan Rakernas hari ini, juga telah berhasil disahkan Anggaran Rumah Tangga FPPTI, hasil dari penyesuaian Anggaran Dasar yang telah disahkan pada saat Musyawarah Luar Biasa FPPTI yang dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2022. Pengesahan Anggaran Rumah Tangga dipimpin oleh Sekretaris Jenderal FPPTI , Bapak Amirul Ulum, S.Sos, M.IP.

Banyak program kegiatan yang telah berhasil dan akan terus berlanjut, yang disampaikan pada agenda Rakernas tahun 2022 kali ini. ALIPI (Akademi Literasi Informasi Pustakawan Indonesia) merupakan salah satu program kerja yang yang ditawarkan kepada seluruh anggota FPPTI. Rakernas tahun 2022 momen penting bagi FPPTI Pusat dan FPPTI DKI Jakarta, dengan penandatanganan MOU terkait penyelenggaraan Akademi Literasi Informasi Pustakawan Indonesia. Pada kesempatan tersebut Ibu Irma Irawati Ibrahim, S.S., M.Kom (Ketua FPPTI Wilayah DKI Jakarta) menjelaskan lebih detail terkait ALIPI. Pada akhir sesi Rakernas tahun 2022, Wakil Ketua I FPPTI Pusat, Bapak Dhama Gustiar Baskhoro, S.S., M.Pd., menambahkan informasi terkait pembelajaran ALIPI dan Wakil Ketua II,  Ibu Dr. Purwani Istiana, M.A., menginformasikan keberadaan Jurnal FPPTI sebagai media publikasi hasil penelitian atau kajian terkait perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Jurnal FPPTI diharapkan dapat didukung oleh semua anggota FPPTI baik di Pusat dan Wilayah, sehingga keberlanjutan terbit tepat waktu, melalui proses peer review, dan dapat diajukan sebagai jurnal terakreditasi nasional setelah 2 (dua) tahun penerbitan. Rapat Kerja Nasional menjadi media komunikasi rutin dan formal layaknya pelaporan pertanggungjawaban dari kepengurusan baik di tingkat Pusat maupun Wilayah. Dalam pertemuan ini para pengurus wilayah juga dapat berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Pengurus Pusat terkait capaian program kerja, kendala dan arahan strategis pengelolaan dan pengembangan untuk program kerja ke depan. Pengurus Pusat FPPTI memiliki kewajiban melaksanakan pembinaan dan koordinasi, maka evaluasi dari laporan pertanggung jawaban setiap wilayah harus dilaksanakan secara proporsional dan berimbang. Mengingat FPPTI Wilayah yang tersebar di Indonesia dan memiliki karakteristik yang berbeda maka formulasi arahan kebijakan strategis pengembangan dapat dirumuskan berdasarkan karakteristik di setiap FPPTI Wilayah. Rakernas menjadi salah satu agenda penting bagi FPPTI Pusat dan Wilayah untuk saling berkoordinasi sehingga mampu merealisasikan tujuan yang ingin dicapai bersama. (MR/NN) 

Artikel ini juga telah dimuat di kumparan dan impessa.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.