Senin, 6/6/2022, merupakan momen penting bagi Perpustakaan Nasional RI dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), dan tentu saja bagi 3.400 Pustakawan Perguruan Tinggi di Indonesia. Hari itu merupakan awal dimulainya Bimbingan Teknis bagi para Tenaga Perpustakaan Perguruan Tinggi. Bimtek Tenaga Perpustakaan tahun 2022 kali ini mengambil tema: “Implementasi Literasi Informasi Berbasis Teknologi Informasi untuk Mendukung Ekosistem Digital Pendidikan Perguruan Tinggi Nasional”. 

Dalam sambutan awalnya Ketua Umum FPPTI, Ibu Mariyah, S.Sos., M.Hum, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin antara Perpustakaan Nasional RI dengan FPPTI dalam implementasi kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Perpustakaan tahun 2022.

Secara gamblang Ketua Umum FPPTI menjelaskan konsep dari Kegiatan Bimtek Nasional Tenaga Perpustakaan Tahun 2022 yaitu pelaksanaannya dilakukan secara daring mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Kemudian Peserta Bimtek dibagi ke dalam 4 (empat) kelas (break out room) dengan 4 (empat) narasumber. Waktu pelaksanaan selama dua hari, setiap hari Senin-Selasa atau Rabu-Kamis, mulai dari  tanggal 6-7 Juni  2022 dan berakhir di bulan Oktober 2022. Bimtek Nasional ini dibagi menjadi 7 (tujuh) zona (yaitu Zona A-G) untuk 34 Provinsi di Indonesia, dengan target 3.400 peserta. Untuk melengkapi kegiatan Bimtek, Perpustakaan Nasional RI dan FPPTI telah menyiapkan modul dan video pembelajaran Literasi Informasi Berbasis TI untuk memudahkan peserta dalam memahami materi. 

Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi tenaga perpustakaan perguruan tinggi sehingga memiliki kecakapan yang dapat mendukung pustakawan dalam meningkatkan peran dan kontribusinya pada ekosistem kerjanya dan menyiapkan Pustakawan Perguruan Tinggi agar mampu mengaplikasikan keterampilan literasi informasi berbasis teknologi informasi dalam ekosistem digital Pendidikan Perguruan Tinggi.  demikian beliau menambahkan. 

Bimtek Tenaga Perpustakaan Perguruan Tinggi, merupakan upaya pembinaan bagi pustakawan perguruan tinggi. Tema yang diangkat sangat sejalan dengan tema Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Literasi informasi merupakan tema yang harus akrab dengan pustakawan. Demikian sambutan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan, Ibu Dr. Opong Sumiyati, M.Si. yang sekaligus membuka acara Bimtek Tenaga Perpustakaan 2022. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi Perpustakaan Nasional RI dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) dalam  penyelenggaraan Bimtek kali ini. Beliau berharap di masa selanjutnya, ada kerja sama  kegiatan lainnya, tidak hanya dalam kegiatan Bimtek ini. 

Bimtek Nasional ini melibatkan 14 (empat belas) narasumber dari Pengurus Pusat Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (PP-FPPTI). Para narasumber tersebut adalah Bapak Dhama Gustiar Baskoro, S.S., M.Pd. (Universitas Pelita Harapan); Ibu Dr. Purwani Istiana, SIP., M.A. (Universitas Gadjah Mada); Bapak Amirul Ulum, S.Sos, M.IP. (Universitas Surabaya); Saudari Erika, S.IP., M.Hum. (Universitas Bina Nusantara); Bapak Muhammad Jevi Rian Aipasha, S.Hum. (Universitas Indonesia); Bapak Chandra Pratama Setiawan, M.Sc. (Universitas Kristen Petra);  Ibu Novy Diana Fauzie, S.S., M.A  (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta); Ibu Yulianti, S.Sos., M.I.Kom. (Universitas Padjadjaran); Bapak Suwondo, S.Hum. M.Kom. (Universitas Diponegoro);  Bapak Sony Pawoko, S.Sos., M.T.I. (Universitas Indonesia); Ibu Lis Setyowati, S.Sos., M.A. (Universitas Diponegoro);  Ibu Ari Zuntriana, S.Sos., M.A.(Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim) Bapak  Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M. (UPN Veteran Jakarta) dan Ibu Luluk Tri Wulandari, S.S., M.Hum. (Universitas Indonesia). (MR/NN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *