Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

RUNDOWN ACARA SEMILOKA KEPUSTAKAWANAN INDONESIA

Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 12-14 Oktober 2016

Download Rundown versi file pdf

Rabu, 12 Oktober 2016: Workshop dan Satellite Meeting (Paralel)

Pelaksanaan

Acara

Pemateri/PJ

07.30 - 08.30

Registrasi Ulang

Panitia

08.30 - 09.00

Pembukaan Workshop & Satellite Meeting

di Ruang Seminar L1, Lt2 Perpustakaan UGM

Panitia

09.00 - 09.15

Peserta Menuju Ruang Masing-masing

Panitia

 

 Workshop Communication Skills

 Ruang: L1 Lt5

09.15 – 10.45

Session I

Kunci Keberhasilan Menjadi Pustakawan

Ida F Priyanto, Ph.D

10.45 – 11.00

Break

Panitia

11.00 – 12.30

Session II

Komunikasi Internal dan Lobby

Ida F. Priyanto Ph.D

12.30 – 13.15

ISHOMA

Panitia

13.15 – 14.45

Session III

Teknik Promosi dan Sosialisasi Perpustakaan ke Generasi Millennials

Dr. Muhamad Sulhan, SIP., M.Si

14.45 – 15.00

Break

Panitia

15.00 – 16.30

Session IV

Komunikasi Interpersonal dan Public Speaking

Saka Kotamara

16.30-17.00

Penutupan dan Penyerahan Sertifikat

 

 

Workshop Writing Skills

Ruang: R. Seminar

09.15 – 10.45

Session I

Tips dan Trik Menulis

-          Membangun gairah menulis

-          Timing

-          Tema dan gugus ide

-          writing method

Wiji Suwarno

Bahrul Ulumi;

Heri Abiburachman;

Purwani Istiana;

10.45 – 11.00

Break

Panitia

11.00 – 12.30

Session II

Menulis di Media Massa dan Media publikasi ilmiah

-          Karakter media massa

-          Gaya bahasa dan penulisan media massa

-          Antara media massa dan media publikasi ilmiah

Wiji Suwarno & Tim

12.30 – 13.30

ISHOMA

Panitia

13.30 – 15.00

Membangun Bank Data dan Praktik Penulisan

-          Mengenal sumber data

-          Manajemen data

Wiji Suwarno & Tim

15.00 – 16.30

Conclusion

Wiji Suwarno & Tim

16.30 – 17.00

Penutupan dan Penyerahan Sertifikat

Panitia

 

 

 

 

Workshop Information Literacy

 Ruang: L5 Lt2

09.15 – 10.45

Sesi 1

Pengantar LI dan Model KWHL

Dhama Gustiar & Tim

10.45 – 11.00

Break

Panitia

11.00 – 12.30

Mendisain dan menggunakan model KWHL

Dhama Gustiar & Tim

12.30 – 13.30

ISHOMA

Panitia

13.30 – 15.00

Sesi 3

Mendisain dan menggunakan Model KWHL

Dhama Gustiar & Tim

15.00 – 16.30

Aplikasi dan implementasi model KWHL

Dhama Gustiar & Tim

16.30 – 17.00

Penutupan dan Penyerahan Sertifikat

Panitia

 

 Workshop Reference Management Tools

 Ruang: L5 Lt1

09.15 – 10.45

Pengantar, beberapa catatan penggunaan aplikasi, Instal aplikasi

Purwoko dan Tim

10.45 – 11.00

Break

Panitia

11.00 – 12.30

Mendeley sesi 1●        model penyimpanan●        4 cara menambah file●        review●        mengelola dokumen (pengelompokan, pencarian dan pengolahan)●        related●        recently add and read

Purwoko dan Tim

12.30 – 13.30

ISHOMA

Panitia

13.30 – 15.00

Mendeley sesi 2

●        fitur favorit

●        my publication

●        search

●        syncronisasi dan pengaturannya

●        mendeley web

●        mendeley dan word processor

●        menambah style, mendeley profile

●        mendeley for smarthpone

Purwoko dan Tim

15.00 – 16.30

Zotero (Optional)

●        fungsi dasar dan perbandingan dengan Mendeley

●        Zotero dan Word processor

Purwoko dan Tim

16.30 – 17.00

Penutupan dan Penyerahan Sertifikat

Panitia

 

Satellite Meeting Standart Perpustakaan Perguruan Tinggi

 Ruang: WOW Corner

09.15 – 10.45

Session I

Pemaparan Draft Standar Perpustakaan PT

Dra. Luki Wijayanti, M.Hum

10.45 – 11.00

Break

Panitia

11.00 – 12.30

Session II

Diskusi dan Masukan Peserta

 

12.30 – 13.30

ISHOMA

Panitia

13.30 – 15.00

Session III

Diskusi dan Masukan Peserta

 

15.00 – 16.30

Rekomendasi Standar Perpustakaan PT

 

16.30 – 17.00

Penutupan dan Penyerahan Sertifikat

 

 

Satellite Meeting Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi

Ruang: Rest Room Seminar (L1 Lt2)

09.15 – 10.45

Session I

Pemaparan Draft Pedoman Perpustakaan PT

Dr. Sri Rokhyamti Zulaika, M.Si

10.45 – 11.00

Break

Panitia

11.00 – 12.30

Session II

Diskusi dan Masukan Peserta

 

12.30 – 13.30

ISHOMA

Panitia

13.30 – 15.00

Session I

Diskusi dan Masukan Peserta

 

15.00 – 16.30

Rekomendasi Pedoman Perpustakaan PT

 

16.30 – 17.00

Penutupan dan Penyerahan Sertifikat

Panitia

 

 

Kamis, 13 Oktober 2016: Seminar Nasional dan Lokakarya

Pelaksanaan

Acara

Pemateri/PJ

07.00 - 08.00

Pendaftaran Ulang Peserta Semiloka

Welcome Drink

Panitia

08.00 - 08.30

Pembukaan

-          Sambutan Ketua FPPTI

-          Sambutan Rektor Universitas Gadjah Mada sekaligus membuka acara

MC:

Albertus Pramukti N., SS, MP

                      

Moderator:

Umi Proboyekti, M.LIS.

 

 

08.30 - 11.30

Pembicara Kunci

“Kebijakan Kemenristekdikti dalam mendukung pengembangan perpustakaan perguruan tinggi yang berkualitas” --

Prof. Dr. Ainun Naim, Akt.

MC:

Albertus Pramukti Narendra, SS, MP

                      

Moderator:

Umi Proboyekti, M.LIS.

 

Seminar Nasional:

Strategi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu dan daya saing pustakawan Indonesia"---

Drs. Syarif Bando, MM

 

 

 

 

“Library Collaboration: Germany Experiences”--- Dr.  Christel  Mahnke

"Peran Pustakawan dan Perpustakaan dalam Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi".---- Faizuddin  Harliansyah,  S.Ag.,  SS.,  M.I.M.

“Prospek dan kebijakan Perpustakaan Nasional dalam mendukung kerjasama, resource sharing dan kolaborasi antar perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia”---

Dr. Joko Santoso, M.Hum

10.45 - 11.30

Diskusi dan Tanya Jawab

 

11.30 – 12.00

Sponsor Session

Sponsorship

12.30 – 13.30

Break Ishoma

 

13.30 – 15.00

(90’)

Call for Paper Sesi 1 (4 Paralel)

Ruang: L1 Lt1

Topik 1 BIG DATA

1.      Standar Pengatalogan Resource Description And Access (RDA) Untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi / Suharyanto

2.      Perpustakaan perguruan tinggi sebagai pusat layanan data / Atin Istiarni

3.      Peran baru dan kompetensi pustakawan perguruan tinggi di era big data / Dian Hapsari

 

Ruang L1 Lt. 2

Topik 2. DIGITAL CURATION AND RESOURCE SHARING

1.      Pengembangan Repository Melalui Unggah Mandiri Kki (KOLEKSI Karya Ilmiah) di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta / Ari Fatmawati Aisyah

2.      Knowledge Sharing Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta  dengan Perpustakaan Sekolah / Ida Hadna

3.      Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui peluang kerjasama institusional : studi kasus di Pusat Sumber Belajar FEB UI / Endang Wahyu lestari

 

Ruang: L1 Lt3

Topik 3. DIGITAL NATIVE & SMART LIBRARY

1.      Pergeseran pemustaka digital natives dan net generation dalam menggunakan ruang perpustakaan / Endang Fatmawati

2.      Implementasi Teknologi Dari Internet Of Thing Menuju Smart Libraries Dan Smart Librarians / Sulistyo Nur Ginanjar

3.      Kajian Konsep Perpustakaan System Hybrid-Sebagai Strategi Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi  Jarak Jauh/Siti Syamsiah

4.      Sms Gateway  Dan Android Layanan Berbasis “MOBILE” Di  Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta / Maria Husnun Nisa

Ruang: L1 Lt5

Topik 4. KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN MEA

1.      Peranan Kepemimpinan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Pasundan / Hilman Firmansyah

2.      Skema Sertifikasi Kompetensi Pustakawan Indonesia Dalam Rangka Keberterimaan Pustakawan Di Masyarakat Asean / Abdul Rahman Saleh

3.      Membangun Kompetensi Pustakawan Dalam Merespon Peluang Dan Tantangan Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) / Erni Fitriani

4.      Urgensi Soft Skills Pustakawan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean / Anisa Sri Restanti

Moderator/PIC:

1.      Bahrul Ulumi

2.      Susi Anasta

3.      Purwani Istiana

4.      Mariyah

15.00 – 15.15

Break

 

15.15 – 16.45

(90’)

Call for Paper Sesi 2 (4 Paralel)

Ruang L1 Lt. 1

TEMA: INFORMATION LITERACY

1.      Literasi Informasi Masyarakat Terhadap Media / Yolan Priatna

2.      Information Literacy: Peluang Dan Tantangan Pustakawan Di Era Digital Native (Best Practice Pustakawan Universitas Muhammadiyah Ponorogo Dalam Pengembangan Program Literasi Informasi) / Ayu Wulansari

3.      Literasi Informasi Pustakawan Perguruan Tinggi (studi pada pustakawan perguruan tinggi di lingkungan Universitas Semarang) / Nurlistiani

4.      Aliterasi dalam Penulisan Skripsi (Kajian Efektifitas Pelatihan Literasi Informasi di UMY) /Novy Diana Fauzie

 

Ruang L1 Lt. 2

TEMA: HOSPITALITY AND EMBEDDED LIBRARY

1.      Peran Pustakawan Dalam Library Hospitality Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi / Uminurida Suciati

2.      Meningkatkan kinerja pustakawan berbasis library hospitality / Risti Prasetyawati

3.      Embedded Librarianship: Menembus Batas Keterbatasan Perpustakaan Ideal / Ida Farida

 

Ruang L1 Lt. 3

TEMA: DIGITAL NATIVES AND SMART LIBRARY

1.      Pustakawan kreatif : transformasi peran pustakawan menjawab tantangan jaman /

Ken Retno

2.      Net Generation and Smart Librarians /

Arda Putri Winata

3.      Perpustakaan Ideal Bagi Generasi Digital Natives Menurut Pustakawan Perguruan Tinggi Di Surabaya /Dian Wulandari

 

Ruang L1 Lt. 4

TEMA: KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN PROMOSI

1.      Kesiapan Kurikulum Pendidikan Ilmu Perpustakaan Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (ASEAN Economic Community) / Yunus Winoto

2.      Kajian Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia /Amirul Ulum

3.      Pengenalan Implementasi Iso 20121:2012 Event Sustainability Management Systems Untuk Acara Kepustakawanan / Muhammad Bahrudin

Moderator/PIC:

1.      Bahrul Ulumi

2.      Susi Anasta

3.      Purwani Istiana

4.      Mariyah

 

16.45 – 17.00

Penutupan Semiloka

Panitia

18.30 – 21.00

Rapat Kerja Nasional FPPTI

Pengurus FPPTI Pusat dan Wilayah

 

Jumat, 14 Oktober 2016: Cultural Tour

Pelaksanaan Acara Ket.
07.00 – 07.30 Persiapan Pemberangkatan di UGM Peserta bisa hadir lebih awal
07.30 – 10.00 Berangat Menuju Grha Tama Pustaka (GTP) BPAD DIY
10.00 – 13.00 Menuju Museum Kampus UII Jl. Kaliurang*dilanjutkan ibadah Sholat Jum’at di Masjid Kampus UII
13.00 – 15.30 Kraton / Malioboro
15.30 – 16.00 Perjalanan Menuju UGM

 

Download Rundown versi file pdf