Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

FPPTI Jawa Barat

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Wilayah Jawa Barat merupakan perkumpulan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Jawa Barat. Pendirian FPPT tidak terlepas dari tugas Perpustakaan Nasional  dalam pembinaan perpustakaan, khususnya perpustakaan perguruan tinggi. Mengingat   perpustakaan perguruan tinggi pada umumnya sudah lebih berkembang dibandingkan dengan perpustakaan lainnya maka pembinaan perpustakaan perguruan tinggi lebih diarahkan kepada kemitraan. Perpustakaan perguruan tinggi yang lebih maju dapat   membina perpustakaan perguruan tinggi yang sedang berkembang atau mau berkembang.

Koordinasi Perpustakaan Nasional dilaksanakan dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI). Selanjutnya, FPPTI berkoordinasi dengan FPPT yang ada di Propinsi-propinsi.

Selain berkoordinasi  dengan FPPTI, untuk daerah Jawa Barat, koordinasi dilakukan juga dengan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (BAPUSIPDA, dahulu Perpustakaan Nasional Propinsi Jawa Barat, yaitu lembaga Pembina perpustakaan yang ada di Jawa Barat) dan di tingkat perguruan tinggi berkoordinasi dengan Kopertis Wilayah IV.

Pengelolaan Lembaga

Dalam melaksanakan kegiatan, Ketua Umum dibantu oleh Ketua I dan Ketua II yang masing-masing membawahi Komisi Teknologi Informasi dan Komisi Humas & Publikasi, serta  Komisi Pengembangan SDM dan Komisi Dana, Usaha, & Kerjasama. Juga oleh Sekretaris untuk urusan administratif dan Bendahara untuk urusan Keuangan.

Sumber keuangan FPPT sebagaian besar masih bertumpu pada pendaftaran dan perpanjangan anggota dan penjualan kartu anggota. Disamping itu diperoleh dana juga dari lembaga Pembina pada saat ada kegiatan. Mulai sekarang dan ke depan akan dicoba untuk menggali sumber dana lain yang tidak hanya berasal dari anggota.

Evaluasi kegiatan dilaksanakan secara rutin setiap empat bulan sekali. Kegiatan ini selalu didahului oleh kegiatan seminar terbatas anggota yang berkaitan dengan up grading ilmu perpustakaan, informasi dan dokumentasi. Pertemuan evaluasi ini dilaksanakan  secara rutin secara bergiliran di Perpustakaan Anggota FPPT. Dengan cara ini disamping mempererat kerjasama dan koordinasi juga untuk melihat kondisi riil masing-masing perpustakaan anggota yang akan  berguna dalam penyusunan program yang akan dilaksanakan.

Pertemuan ini menghasilkan berbagai saran dan kritik  yang diusulkan oleh anggota. Masukan ini selanjutnya dibahas bersama dengan anggota, juga dibahas secara khusus di tingkat pengurus.

 

Sumber Daya Manusia

Pengurus FPPT seluruhnya berjumlah 20 orang yang berasal dari perpustakaan perguruan tinggi yang ada di Bandung.

Pengurus FPPT Jabar rata-rata adalah Kepala Perpustakaan di masing-masing perguruan tingginya atau sebagai pejabat struktural di perpustakaan perguruan tinggi masing-masing. Kesibukan di masing-masing lembaga asal merupakan kendala dalam pelaksanaan program karena masing-masing pengurus  terbagi dua konsentrasinya antara menyelesaikan tugas rutin lembaga asal dan mengembangkan FPPT. Untuk itu ada kesepakatan tidak tertulis antara pengurus dalam hal pembagian waktu kerja ini. Biasanya,  hari Selasa difokuskan untuk membahas pekerjaan yang ada di forum untuk setiap minggunya.

 

SUSUNAN PENGURUS

FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGIINDONESIA

PROPINSI JAWA BARAT

Periode 2013-2016

Jabatan

Nama

Universitas

Penasehat

Dr. Odo Fadloeli

STBA

Arief Dj. Tresnawan, Drs.

UNISBA

Atty Murniati, Dra.

STKIP Pasundan

Ketua Umum

Hilman Firmansyah, S.IP., M.AP.

UNPAS

Wakil Ketua I

Mahmudin, Drs, S.IP

ITB

Wakil Ketua II

Helmi Purwanti, Dra

POLBAN

Bendahara I

Ice Krisnaeni, Dra, S.Sos

ITB

Bendahara II

Mieke Hermin, Dra.

UNPAS

Sekretaris I

Suhendi, S.Sos

ITB

Sekretaris II

Ubudiyah Setiawali, S.Sos

UNIKOM

Pembinaan dan Pengembangan SDM

Ida Hendrawati, Dra.

BAPUSIPDA JABAR

L. Nailah Hanum Hanany, S.Sos.

UIN

Ira Sri Astuti, S.Sos

UNPAR

Komisi Humas dan Penerbitan

Yulianti, S.Sos.,M.Si.

FIKOM UNPAD

Ridwan Dharmawan, S.Sos.

UNISBA

Komisi Usaha Dana dan Kerjasama

Hada Hidayat Margana, S.Sos.,M.I.Kom.

UPI

SM. Oktrianti, Dra

TELKOM UNIVERSITY

Komisi Teknologi Inlormasi

 

Agus Wardana, S.Sos

ITENAS

Neilany Edwina, S.Sos., M.Si

UK. MARANATHA

Yoka Adam Nugrahaa, S.Sos.

ITB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Informasi lebih lanjut silahkan akses website FPPTI Jawa Barat