Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

 

LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi informasi berkembang amat pesat. Perkembangan ini tidak saja berkaitan dengan alat kerja seseorang namun ternyata memengaruhi pola hidup dan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Setiap orang saat ini dengan mudah menelusur dan mencari informasi yang dibutuhkannya melalui sarana internet. Bahkan cukup menelusur melalui mesin pencari seperti Google, sebagian masyarakat menganggap kebutuhan informasinya cukup terpenuhi. Terlebih lagi, sarana komunikasi yang ada memudahkan setiap orang berkomunikasi dengan cepat dan tanpa batasan waktu.
Kondisi ini berpengaruh secara langsung terhadap keberadaan lembaga informasi, baik itu perpustakaan, pusat informasi, knowledge Center maupun lembaga informasi lainnya. Lembaga informasi dalam layanannya tidak lagi hanya sekedar bersandar atas koleksi yang dimilikinya. Namun, pengelola perpustakaan harus memiliki akses yang luas terhadap informasi yang dibutuhkan oleh pemustakanya. Dengan demikian, ketergantungan perpustakaan terhadap pengelola perpustakaan yang handal dan professional serta memiliki jaringan akses yang luas sangat dibutuhkan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Dhama (2016)  pemahaman pengelola perpustakaan berkaitan dengan literasi informasi telah cukup baik. Namun, dalam tatanan praktis, pengelola perpustakaan membutuhkan kemampuan teknis dan aplikatif agar dapat menerapkan berbagai Layanan perpustakaan yang bersifat substantif.
Kemampuan merancang Layanan informasi di era digital, literasi internet, ekstrasi informasi, hal-hal yang berkaitan dengan penulisan makalah ilmiah dan publikasi ilmiah, kemas ulang informasi,   menyusun panduan pustaka (pathfinder), sampai memanfaatkan reference manager dengan penyajian yang sesuai dengan karakteristik pemustaka yang dilayani menjadi suatu keharusan bagi pengelola informasi. Kemampuan ini sangat diperlukan karena biasanya pemustaka akan menghubungi pengelola perpustakaan atau lembaga informasi ketika mereka sudah tidak berhasil menemukan informasi yang diperlukannya. Dengan demikian, pekerja informasi seringkali menjadi tumpuan harapan terakhir pemustaka ketika mereka membutuhkan informasi.
Oleh karena itu, ISIPII bersama FPPTI berinisiatif menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Layanan Informasi Bagi Pekerja Informasi di Era Digital. Workshop ini bersifat aplikatif yang lebih menitik beratkan kemampuan pekerja informasi dalam mengembangkan kemampuan penelusuran, penyajian, dan kemas ulang informasi sesuai dengan karakteristik informasi digital.

TUJUAN
Workshop ini bertujuan agar pekerja informasi memiliki kemampuan mumpuni dalam memberikan Layanan informasi yang bersifat substantif kepada pemustaka dan kliennya.

PENYELENGGARAAN

Waktu   : Selasa – Kamis, 29 s.d. 31 Agustus 2017

Tempat  : IPC Corporate University, Bogor

METODE

-  Sharing Knowledge
-  Praktik Layanan
-  Simulasi
-  Games

MATERI    
1.    Merancang Layanan Informasi di Era Natif Digital
2.    Mindmapping
3.    Internet Literacy

PILIHAN A PILIHAN B
1. Sintesis Informasi 1. Ekstraksi Informasi
2. Menulis Makalah Ilmiah 2. Analisis Informasi
3. Publikasi terindeks Nasional dan Internasional 3. Kemas Ulang Informasi
4. Reference Manager 4. Pathfinder
  5. Reference Manager

 

NARASUMBER DAN FASILITATOR

- Imam Budi P.

- Dhama Gustiar P.

- Arifah Sismita

- Sony Pawoko

- Dian Wulandari

- Arie Nugaraha

Dengan didukung tim fasilitator dari Knowledge Management IPC Corporate University

DOWNLOAD JADWAL ACARA

PESERTA WORKSHOP
●    Pimpinan/Pengelola Perpustakaan (Perguruan Tinggi, Sekolah, Khusus, Umum)
●    Pustakawan (Perguruan Tinggi, Sekolah, Khusus, Umum), record specialist, TI dan
      Arsiparis
●    Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Ilmu Komputer dan Arsip
●    Peneliti dan Tenaga Pendidik (Dosen) bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi
●    Masyarakat Umum Pemerhati Bidang Perpustakaan dan Informasi

 

KONTRIBUSI PESERTA
- Anggota FPPTI / ISIPII Rp. 1.800.000,-
- Umum Rp. 2.000.000,-

Informasi Pendaftaran :
1. Halimatus Sya'diah : 0821 2254 7536
2. Arni Nirmala : 0822 1080 1616
- E-mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Informasi Pembayaran :
Transfer an. ERIKA, BRI KCP Universitas Indonesia Depok no. 0672-01-007203-50-5
kirimkan bukti pembayaran via email :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan subyek Workshop
atau via WA - 0818 0752 7018 dengan menyertakan nama lengkap serta instansi Anda.

 

FORM PENDAFTARAN ONLINE

http://goo.gl/KguonV

 

FASILITAS PESERTA

1. Seminar Kit Peserta
2. Sertifikat Pelatihan
3. Akomodasi Penginapan dan Konsumsi selama pelaksanaan pelatihan
Peserta diharapkan membawa laptop walau dalam pelatihan panitia menyediakan fasilitas komputer untuk kebutuhan pelatihan.