Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

A. Seminar Nasional
Kegiatan Semiloka di bagi ke dalam dua kegiatan yakni seminar oleh narasumber kunci dan narasumber utama, dan seminar dan diskusi yang dipresentasikan oleh para pemakalah yang berasal  dari  hasil  seleksi  call  for  papers.
Semiloka Nasional ini merupakan kegiatan utama dari rangkaian kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini. Narasumber kunci dan narasumber utama dalam Semiloka ini adalah:

1.    Keynote Speakers:
   a.    “Information Governance: Konektivitas Lembaga, Keterbukaan Informasi Publik dan Diseminasi Pengetahuan”
   Staf Khusus Presiden RI – Johan Budi SP
   b. “Information Governance: Perkembangan Informasi dan Pustaka dalam Perspektif Administrasi Publik
   Dekan FIA UB – Prof. Dr. Bambang Supriyono, MS.

2. Invited Speakers:
   Tema:“ Scholarly Communication and the Age of Open Access”
   a.    Topik:“Scholarly Communications and the Age of Open Access”
   Narasumber 1: Nico Sandfuchs
   Head of Information for Southeast Asia/Australia/New Zealand.
   Goethe Institut, Jakarta Indonesia
   b.    Topik:“Open Access dan Strategi Komunikasi Ilmiah di Indonesia”
   Narasumber 2: Ida Fajar Priyanto, Ph.D
   Sekolah Pascasarjana, MIP
   Moderator: Safirotu Khoir, Ph.D.

  Tema: “Managing Institutional Knowledge”
  Narasumber: Lillian Gassie,
  Assistant Director, Knowledge Services Group (KSG), Congressional Research
  Service (CRS), Library of Congress, USA
  Moderator: Irhamni Ali, M.Hum.

  Tema    : Transformasi Perpustakaan dan Lembaga Informasi dari Cost Center ke
  Value Center
  Narasumber: Dr. Bonnie Suherman, M.Ak
  Fakultas Bisnis & Ekonomika Universitas Surabaya
  Moderator: Amelia Marihesya, S.Sos.

4.2. Lokakarya Nasional (*peserta diperkenankan memilih salah satu tema)
Kegiatan Lokakarya Nasional akan memberikan tiga pilihan kelas yang menggambarkan ranah kajian yang dapat diikuti oleh peserta terutama dalam rangka peningkatan softskills di bidang perpustakaan, informasi, arsip, dan teknologi informasi. Seluruh peserta dalam Lokakarya Nasional juga merupakan nara sumber karena dikemas dalam format FGD. Pada sesi awal, setiap narasumber utama di setiap kelas akan memaparkan bersama secara paralel kepada peserta mengenai pemikiran mereka atas konsep yang menjadi tema dalam setiap sesi. Setelah itu, peserta akan memilih tema yang akan menjadi bahasan bersama. Dalam sesi FGD ini, selain nara sumber utama, juga didampingi oleh 1 orang fasilitator selaku pemandu acara dan notulensi.
Lokakarya Nasional kali ini peserta dibagi dalam 3 kelas, yaitu:
1.    Kelas Keilmuan Perpustakaan dan Informasi
2.    Kelas Kajian Perpustakaan Perguruan Tinggi
3.    Kelas Kajian Informasi Publik

Adapun topik Lokakarya Nasional yang dapat dipilih oleh peserta adalah sebagai berikut:
1.    Kelas Keilmuan Perpustakaan dan Informasi
Kelas ini menghadirkan dua tema dan narasumber, dan akan bertindak sebagai Moderator adalah Farli Elnumeri, S.S., M.Hum. Adapun tema dari kelas ini adalah:
a.    Masa Depan Organisasi Informasi Perpustakaan
Narasumber     : Wardiyono, MBA – Universitas YARSI
Fasilitator  : Nurjati Widodo, MAP
b.    Tata Kelola Data Ilmiah
Narasumber    : Sufiet Erlita – Manajer Data & Informasi CIFOR
Fasilitator    : Yuan Oktafian

2.    Kelas Kajian Perpustakaan Perguruan Tinggi
Kelas ini menghadirkan tema besar bertajuk: Tata Kelola E-resources Untuk  Mendukung Scholarly Communications di Perguruan Tinggi.
Dan akan bertindak sebagai Moderator: Anastasia Tri Susiati, S. Kom, MA
dan berikut adalah tema-tema yang disajikan:
a.    Kebijakan Kemenristek DIKTI dalam Tata Kelola E-resources Untuk Mendukung Scholarly Communications di Perguruan Tinggi
Narasumber: Dr. Sadjuga, M. Sc. - Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual –
Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi.
b.    Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Pengelolaan Repositori Institusi untuk Mendukung Scholarly Communications Perguruan Tinggi.
Narasumber: Aditya Nugraha, Ph.D - Pustakawan Universitas Kristen Petra, Surabaya
c.    Kebijakan Pengelolaan e-resources untuk Mendukung Peningkatan Daya Saing Riset Nasional dan Perguruan Tinggi di Indonesia.
Narasumber: Dra. Titiek Kismiyati, M. Hum - Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, Perpustakaan Nasional RI

3.    Kelas Kajian Informasi Publik
Kelas ini menghadirkan empat tema dan nara sumber, dan akan bertindak sebagai moderator adalah Dr. Siswidiyanto, MS (Dosen Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi FIA UB). Adapun tema yang akan disajikan di kelas ini adalah:
a.    Tantangan Pengelolaan Informasi dan Pustaka pada Persaingan Global  dalam Perspektif Governance.
Narasumber: Drs. Andy Fefta Wijaya, MDA, PhD - Ketua Jurusan Administrasi Publik FIA UB)    
Fasilitator: Mochamad Chazienul Ulum, MPA
b.    Pola Kebutuhan dan Perilaku Informasi Masyarakat
Narasumber: Dr. Muhammad Shobaruddin, M.A - Ketua Program Studi   Perpustakaan dan Ilmu Informasi FIA UB
Fasilitator: Anita Tri Widiyawati, MA
c.    Relevansi Paradigma Pelayanan Publik pada Lembaga Perpustakaan dan Kearsipan
Narasumber: Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si - Ketua Unit Laboratorium
Perpustakaan dan Arsip / Fadel Muhammad Resource Center FIA UB
Fasilitator: Rispa Ngindana, MAP
d.      Tata Kelola Informasi dan Posisi Strategis Kepustakawanan Indonesia
Narasumber: Dra.Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib - Dosen Program Studi
Perpustakaan dan Ilmu Informasi FIA UB, Deputi Bidang Pengembangan Bahan
Pustaka dan Jasa Informasi RI 2013-2016)
Fasilitator: Erlita Cahyasari, MAP


4.3. Pelatihan (Training) (*peserta diperkenankan memilih salah satu topik)
Ada 4 pelatihan (training) dalam kegiatan ini. Peserta bebas memilih materi pelatihan sesuai dengan tema yang diminati. Pelatihan akan dipandu oleh Fasilitator yang kompeten di bidangnya.
Tema training yaitu:
1.    Pustakawan Meneliti (Research Skills, Originality,and Information Literacy) ---
    Aditya Nugraha, Ph.D. dan Safirotu Khoir, Ph.D.
2.    Implementasi Knowledge Management di Dunia Bisnis dan Pendidikan ---
    Lira Redata, S.S dan Yuli Asmini, MA.
3.    Design Thinking for Libraries --- Handrich Kongdro, M.M
4.    Digital Literacy dan Strategi Pemanfaatan Sumber Informasi Digital ----
    Soni Pawoko, S.Sos., M.TI.

4.4. Musyawarah Nasional (MUNAS) ISIPII
Musyawarah Nasional ISIPII diselenggarakan sebagai syarat untuk mempercepat proses Badan Hukum ISIPII. Peserta terdiri dari seluruh sarjana (S1, S2, S3) ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia. Kegiatan ini akan menetapkan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Kepengurusan ISIPII.

 
4.5. Indonesian Academic Librarian Award 2018
Pengurus FPPTI melihat perlunya apresiasi terhadap peran pustakawan perpustakaan perguruan tinggi atau akademik anggota FPPTI terutama dalam memberikan layanan yang terbaik bagi pemustaka dan juga mempromosikan kepustakawanan Indonesia kepada khalayak umum. Apresiasi akan diberikan kepada satu orang pustakawan yang dipilih oleh tim seleksi melalui seleksi administrasi dan pemberkasan. Penilaian lain akan dilakukan dengan cara dan prosedur yang menjadi wewenang tim seleksi. Kegiatan yang kedua ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya (2017) dan akan dilakukan secara rutin setiap tahun. Satu pustakawanan terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah apresiasi dari pihak sponsor.