Vinaora Nivo SliderVinaora Nivo Slider

AGENDA  KEGIATAN

1. Satellite Meeting

Satellite Meeting merupakan kegiatan forum group discussion yang dipimpin oleh seorang “pengumpan” untuk menghasilkan satu dokumen rekomendasi bagi para pengambil kebijakan maupun pengelola perpustakaan di Perguruan Tinggi. Pada Kegiatan ini setidaknya akan dibahas dua topik penting yakni:

1. Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi

Fasilitator:  Dra. Luki Wijayanti, M.Si. & Anastasia Tri Susiati, M.A.

2. Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi

Fasilitator:  Dr. Hj. Sri Rokhyanti Zulaikha, S.Ag. M.Si. & Purwani Istiana, M.A.

 

2. Workshop

Kegiatan workshop akan memberikan pilihan topik yang dapat diikuti oleh peserta terutama dalam rangka peningkatan softskills bidang perpustakaan dan informasi. Kegiatan workshop ini akan dipandu oleh narasumber yang mempunyai pengalaman praktis. Adapun topik yang dapat dipilih oleh peserta adalah:

 A. Communication Skills :

  • - Communication Success

  • - Teknik Melobby dan Negosiasi

  • - Komunikasi Publik 1: promotion & marketing

  • - Komunikasi Publik 2: user services

      Narasumber : Ida Fajar Priyanto, Ph.D. dan tim 

B. Teknik Penulisan :

  • - Teknik Penulisan Ilmiah

  • - Teknik Penulisan Popular

  • - Jurnalistik Kepustakawanan

      Narasumber : Wiji Suwarno, M.Hum. dan tim

C. Literasi Informasi :

     Narasumber : Dhama Gustiar Baskoro, M.Pd. dan tim

D. Reference Manager 

     Narasumber : Purwoko, M.A. dan tim

3. Semiloka Semi-Internasional

Kegiatan semiloka di bagi ke dalam dua kegiatan yakni seminar oleh narasumber kunci dan nara sumber utama, dengan seminar dan diskusi yang dipresentasikan oleh para pemakalah yang berasal dari hasil seleksi call for paper. Semiloka ini direncanakan akan menghadirkan narasumber baik dari dalam maupun luar negeri. Demikian juga dengan call for paper juga akan memberikan satu sesi khusus bagi pemakalah yang pustakawan di tingkat regional-internasional. Semiloka ini merupakan kegiatan utama dari rangkaian kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini.

Narasumber utama dan undangan dalam Semiloka ini adalah:

    1. Keynote Speaker:  Prof. Dr. Ainun Naim, Akt., - Sekjen Kemenristekdikti RI

    2. Invited Speakers:

  • - Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. - Kepala Perpustakaan Nasional RI
  • - Dr. Christel Mahnka - Library and Information Service, Goethe Institute
  • - Dr. Joko Santoso, M.Hum. - Kepala Bidang Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan Nasional RI.
  • - Faizuddin Harliansyah, S.Ag., S.S., MIM (Kepala Perpustakaan UIN Malang)
  •  

4. Rapat Kerja Nasional (Rakernas)

Rapat kerja nasional (rakernas) FPPTI merupakan satu kegiatan koordinasi antara pengurus pusat dengan pengurus-pengurus daerah. Selain merumuskan agenda kerja ke depan, juga melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan baik di tingkat pusat maupun daerah. Kegiatan ini juga sebagai bagian dari proses laporan pengurus FPPTI, baik pusat maupun daerah.

 

5. Indonesian Academic Librarian Award 2016

Pengurus FPPTI melihat perlunya apresiasi terhadap peran pustakawan perpustakaan perguruan tinggi atau akademik anggota FPPTI terutama dalam memberikan layanan yang terbaik bagi pemustaka dan juga mempromosikan kepustakawanan Indonesia kepada khalayak umum. Apresiasi akan diberikan kepada satu orang pustakawan yang dipilih oleh tim seleksi melalui seleksi administrasi dan pemberkasan. Penilaian lain akan dilakukan dengan cara dan prosedur yang menjadi wewenang tim seleksi. Kegiatan yang pertama dilakukan ini direncanakan akan dilakukan secara rutin setiap tahun. Satu pustakawanan terbaik akan mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah apresiasi dari pihak sponsor.

 

6. Library Partners Exhibition

Kegiatan semiloka adalah kegiatan tingkat nasional yang mengumpulkan para pustakawan, pengelola perpustakaan dan pemerhati perpustakaan di seluruh Indonesia, bahkan internasional. Sehingga penting pula memberikan kesempatan kepada para pihak yang terkait dengan perpustakaan dan informasi untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan yang akan berguna bagi peningkatan layanan perpustakaan.

Kegiatan library exhibition ini diharapkan akan memberikan kesempatan bertemunya para mitra perpustakaan dengan pengelola perpustakaan. Kegiatan ini diharapkan juga akan diikuti oleh para vendor penyedia infrastruktur perpustakaan, perwakilan penerbit, distributor buku maupun publikasi lainnya, organisasi kepustakawanan, maupun lembaga lain yang terkait dengan perpustakaan dan informasi.

 

Keterangan *) dalam konfirmasi.